Wallet Bitcoin Tanpa Fee? - Receh Coin

Senin, 09 Maret 2020

Wallet Bitcoin Tanpa Fee?

Menyimpan investasi Bitcoin di sebuah exchange (bursa jual beli) sangatlah tidak disarankan. Bila kamu memiliki ratusan Bitcoin sebaiknya simpan di hardware wallet yang lebih dikenal dengan cold wallet.

Selain hardware wallet, bisa juga kamu memilih sebuah software wallet yang banyak beredar baik di App Store maupun PlayStore. Tentu saja masing-masing dompet Bitcoin tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Satu pertanyaan yang seringkali muncul saat akan memilih sebuah wallet Bitcoin adalah apakah ada Wallet Bitcoin tanpa fee? Jawabannya tentu saja harus tegas yakni Tidak Ada. Semua wallet pasti akan memiliki fee atau biaya terutama saat kita kirim Bitcoin.

adalah wallet bitcoin tanpa fee


Apabila kamu menerima Bitcoin tentu saja fee akan gratis karena seperti kita ketahuan fee transaksi akan dikenakan pada si pengirim (sender).

Setiap wallet memiliki hitungan tersendiri mengenai fee atau biaya kirim Bitcoin. Ada yang fee-nya tetap misal 0.0005 BTC tapi banyak juga yang menerapkan fee fleksibel dimana pengguna bisa menentukan sendiri berapa fee untuk miner.

Besarnya fee tergantung kepada seberapa cepat proses kirim Bitcoin tersebut. Semakin cepat maka biaya atau fee semakin besar (mahal), begitu juga berlaku sebaliknya yakni fee yang murah maka proses kirim akan lama. Keputusan ada di tangan kamu sebagai sender.

Untuk pertimbangan, bila kamu melakukan transaksi urgent atau penting, tidak ada salahnya memilih fee yang lebih mahal agar transaksi bisa selesai dalam waktu singkat. Tapi bila kamu sekedar memindahkan balance Bitcoin dari satu wallet ke wallet lain, bisa pilih fee sekecil muncul karena pada akhirnya transaksi akan tetap sukses meski membutuhkan waktu yang lebih lama.

Bagaimana bila di aplikasi wallet yang kamu pakai tidak ada opsi untuk menentukan miner fee? Jangan khawatir biasanya wallet tersebut akan memperhitungkan fee yang paling rendah tapi tentu saja dengan kecepatan transaksi yang bisa diandalkan.

Share with your friends