Trust Wallet vs Atomic Wallet, Mana Yang Lebih Baik? - Receh Coin

Selasa, 03 Maret 2020

Trust Wallet vs Atomic Wallet, Mana Yang Lebih Baik?

Menyimpan semua aset Bitcoin maupun cryptocurrency lainnya di sebuah exchange atau bursa jual beli kripto sangat tidak disarankan karena seperti kita sebuah exchange rawan dari yang namanya hacking yang bisa berakibat kita kehilangan semua aset digital tersebut.

Pepatah mengatakan not your keys not your Bitcoin artinya jika kamu tidak memiliki private key, mnemonic word, passphrase atau keystore dari bitcoin tersebut maka kamu tidak sepenuhnya memiliki aset digital tersebut.

Seperti kita ketahui di sebuah exchange kita tidak akan pernah diberikan private key atau mnemonic word untuk mengakses atau membuka aset yang kita miliki di wallet atau platform lainnya.

atomic wallet vs trust wallet


Menyimpan Bitcoin dengan aman bisa dilakukan dengan memilih sebuah wallet yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Tidak seperti exchange, aplikasi wallet umumnya memberikan kode mnemonic, seed, private key bahkan keystore sehingga kita bisa dengan mudah melakukan proses restore semua koleksi aset digital kita.

Ketika memakai atau mengaktifkan sebuah aplikasi wallet hal pertama yang harus dilakukan adalah kamu wajib menyimpan dengan aman seed/mnemonic word, passphrase atau private key yang diberikan karena nantinya seed. Lihat cara membuat Bitcoin Address di sebuah wallet agar kita bisa lebih aman menjaga aset digital di wallet tersebut.

Di App Store maupun Google Play Store sebenarnya banyak tersedia aplikasi wallet multi coin yang artinya bisa menyimpan kripto apapun mulai dari Bitcoin, Ethereum, XRP, Nano, XLM, Tron, CRO, MCO dan ratusan aset digital lainnya. Namun kali ini kita akan bahas dua wallet yang cukup terkenal yakni Trust Wallet dan Atomic Wallet.

Trust Wallet - Dompet Kripto resmi dari Binance

Untuk kamu yang masih ragu dengan wallet yang satu ini, berikut ini adalah beberapa kelebihan Trust Wallet yang akan membuat kamu jatuh cinta dengan Trust Wallet

Nama besar besar Binance di dunia perdagangan aset digital kripto sudah tak diragukan lagi, nah dengan menggunakan Trust Wallet yang merupakan wallet resmi dari Binance kami bisa mendapatkan jaminan mutu atas kinerja wallet ini. Binance dan Trust seringkali mengadakan event seperti AMA di Telegram yang tentunya bisa membuat kamu lebih mengetahui lebih dalam tentang wallet yang satu ini maupun berbagai kripto yang didukung oleh Trust Wallet dan Binance.

Integrasi DApps di Trust Wallet berjalan dengan sangat baik dan lancar sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai macam aplikasi dan layanan yang menggunakan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sebagai alat transaksi.Layanan seperti Bidali, iOTeX Voting, Compound, Aave, 0X Staking, Zerion bisa dengan mudah kamu akses langsung dari Trust Wallet.

DApps di Trust wallet


Ingin menukar atau swap sebuah misalkan dari BAT ke ETH atau BNB ke coin lainnya, di Trust Wallet kamu bisa melakukan proses Swap dengan mudah lewat menu Swap dan bahkan Exchange yang terintegrasi dengan baik.

swap coin di trust wallet


Kamu bisa bertransaksi di Binance DEX (decentralized digital asset exchange) atau Dex lainnya yang mendukung Wallet Connect dengan mudah menggunakan Trust Wallet berkat adanya fitur Wallet Connect. Cukup hubungkan Trust Wallet via Wallet Connect ke Binance DEX maka dalam hitungan detik kamu bisa langsung melakukan jual beli di Binance Dex.

Di Trust wallet kamu bisa melakukan restore multi-coin wallet atau cuma coin tertentu saja seperti Ethereum, Tron maupun TOMO. Bila kamu sebelumnya pernah memiliki Ethereum yang dibuat di Metamask atau MyEtherWallet maka bisa melakukan restore Ethereum tersebut di Trust Wallet.

cara restore coin di trust wallet


Kekurangan Trust Wallet

Bila kamu membuat multi-coin wallet di Trust Wallet maka kamu hanya mendapatkan Pass Phrase atau Mnemonic Word. Di Trust Wallet kamu tidak akan bisa mendapatkan private key, sehingga Ethereum atau Kripto lainnya yang dibuat di Trust Wallet tidak bisa diakses di Wallet lain tapi harus di restore di aplikasi Trust Wallet.

Sebagai contoh, Ethereum yang dibuat di Trust Wallet lewat menu Multi-Coin Wallet, maka Ethereum tersebut tidak akan bisa diakses di MetaMask, MyEtherWallet ataupun Ether Wallet lainnya karena kita tidak bisa mengakses Private Key-nya.

Atomic Wallet - Wallet Lengkap dengan Private Key

Tak jauh berbeda seperti Trust Wallet, Atomic Wallet juga sudah mendukung multi-coin artinya kamu menyimpan berbagai macam coin di wallet yang satu ini. Lalu apa kelebihan Atomic ini?

Pertama, Private Key menjadi sebuah kelebihan Atomic yang tidak ditemukan di Trust Wallet. Di Atomic ketika kamu membuat multi-coin wallet selain diberikan 12-Words Backup (Multi Coin), maka secara otomatis diberikan juga private key untuk setiap coinnya.

multi-coin wallet with private keys


Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan Private Keys untuk Ethereum sehingga nantinya bisa membuka Ethereum tersebut di wallet lain seperti Metamask, MyEtherWallet bahkan di Trust Wallet sampai Jaxx. Begitu juga dengan Bitcoin kamu akan mendapatkan Private Key Bitcoin di Atomic Wallet agar bisa mengakses alamat Bitcoin tersebut di Wallet lain semisal Samourai Wallet.

Sangat jarang lho sebuah wallet yang multi-coin memberikan Private Keys kepada penggunanya. Dengan adanya Private Keys maka kamu bisa melakukan proses restore sebuah coin tidak harus selalu menggunakan Atomic Wallet tapi bisa pakai aplikasi wallet lain.

Mengatur Fee atau Biaya Kirim sesuai dengan keinginan, fitur ini cukup berguna terutama bagi kamu yang ingin mengatur sendiri berapa fee atau biaya kirim saat mengirimkan sebuah coin. Semakin besar fee yang kita tentukan, maka akan semakin cepat proses transaksi kirim tersebut. Contohnya saat kamu mencoba kirim ETH dari Atomic maka bisa menentukan sendiri berapa besar gwei untuk network fee.

bitcoin and ethereum wallet with custom fees


Wallet Connect - Sama seperti di Trust Wallet fitur wallet connect di Atomic juga bisa digunakan untuk menghubungkan wallet ke layanan DEX atau decentralized digital asset exchange seperti iDEX bahkan Binance DEX.

Fitur Exchange di Atomic Wallet akan memudahkan untuk menukar sebuah coin ke coin lain sebagai contoh menukar ETH ke BTC, TRX, BCH, BNB dan coin lainnya.

Menu Buy Crypto akan sangat membantu kamu untuk membeli aset digital secara langsung dari wallet Atomic dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit VISA.

beli bitcoin pakai kartu kredit


Staking - fitur ini sepertinya sudah menjadi standar di hampir semua wallet dimana kamu bisa staking coin dan mendapatkan bunga yang menarik.

AirDrop - Khusus untuk kamu yang ingin memulai investasi di cryptocurrency, Atomic Wallet memberikan AirDrop berupa token AWC untuk setiap pengguna baru Atomic. Caranya masuk ke menu AirDrop lalu masukan Kode 16MQWH


airdrop terbaru dari atomic wallet


Masing bingung apakah pakai Trust Wallet atau Atomic Wallet?

Share with your friends