Apakah Bitcoin ada Fisiknya? - Receh Coin

Senin, 02 Maret 2020

Apakah Bitcoin ada Fisiknya?

Bagi mereka yang ingin mulai investasi di Bitcoin pasti pernah bertanya apakah Bitcoin itu ada fisiknya? Bentuknya bagaimana, apa sama seperti Gold (emas) atau mungkin berbentuk seperti uang receh?

Singkat saja, Bitcoin itu adalah mata uang digital dan sama seperti umumnya uang digital yakni tidak memiliki fisik atau bentuk yang bisa dipegang. Saat memiliki Bitcoin, kamu cuma memiliki deretan angka yang dilindungi dengan Private Key, Mnemonic Word, PassPhrase atau Keystore.

Jangan khawatir meski tidak memiliki fisik namun keamanan Bitcoin sangatnya ketat dan tidak mudah di hack, apalagi jika kamu menyimpannya dalam cold wallet.



Cold wallet? Apalagi ini? Di dunia cryptocurrency sudah lazim dikenal dengan dua macam wallet yakni software wallet dimana kamu bisa menyimpan Bitcoin dan coin lainnya di smartphone atau komputer, biasanya software wallet ini selalu online sehingga memudahkan penggunanya untuk bertransaksi.

Kedua adalah hardware wallet yang lazim disebut cold wallet adalah perangkat khusus yang digunakan untuk menyimpan Bitcoin dan coin lainnya. Kenapa lebih aman? Karena wallet ini tidak selalu terhubung ke internet.

Kembali ke masalah Bitcoin, walaupun tidak memiliki fisik tapi Bitcoin dapat diuangkan dengan mudah. Caranya bisa dijual ke teman atau cara termudah adalah lewat exchange atau bursa jual beli Bitcoin seperti Indodax, OKEx, Coinbase, Binance.

Jadi, apakah kamu masih ragu dengan Bitcoin?

Share with your friends