Cara Melacak Pembayaran Crypto - Receh Coin

Jumat, 07 Februari 2020

Cara Melacak Pembayaran Crypto

Menggunakan metode pembayaran dengan memakai mata uang crypto seperti Bitcoin, Ethereum ataupun Bitcoin Cash selain mudah, cepat juga biaya transaksi relatif kecil dibandingkan bila kita menggunakan pembayaran dengan metode transfer uang.

Bayangkan saat kamu harus melakukan transaksi pembayaran ke seseorang di luar negeri sana pakai transfer bank, pertama rupiah harus dikonversi ke dollar, selanjutnya biaya transfer juga akan lumayan mahal bisa mencapai 5 dollar bahkan lebih. Mungkin untuk sekedar membayar 10 dollar US saja kamu harus rela keluar sampai 200 ribu rupiah.

Bandingkan bila kamu melakukan pembayaran pakai Bitcoin atau mata uang kripto lain, proses transaksi bisa langsung dilakukan dengan cepat, dalam hitungan menit proses transfer bisa selesai. Tanpa perlu biaya konversi, biaya admin yang lumayan tinggi dan tidak perlu menunggu lama.

Dari sisi keamanan, pembayaran crypto juga bisa mudah dilacak karena setiap transaksi pasti ada Trx ID atau kode transaksi yang berisi keterangan lengkap tentang proses transaksi tersebut, mulai dari jam berapa transaksi dilakukan sampai berapa konfirmasi yang dibutuhkan hingga transaksi tersebut sukses dan dana berhasil diterima oleh penerima.

Setiap transaksi ID yang terjadi di Bitcoin atau mata uang kripto lainnya bisa dengan mudah dilacak lewat layanan bitcoin block explorer sedetail mungkin. Tak hanya transaksi ID yang bisa ditampilkan tapi juga jumlah balance dari si pengirim dan penerima juga akan ditampilkan sehingga lebih transparan.

car melacak pembayaran crypto


Sebuah transaksi ID yang sudah berhasil terkonfirmasi dan sukses akan terus ada dan tidak akan bisa dihapus oleh siapapun. History transaksi di pembayaran crypto ini selamanya bisa diakses dan di cek kapan saja oleh siapapun juga. Mutasi setiap alamat Bitcoin tersedia secara publik, setiap orang berhak mengetahuinya.

Bandingkan dengan mutasi di buku tabungan? Yang berhak melihat dan mengecek adalah pemilik nomor rekening tersebut, orang lain tidak berhak bahkan tidak akan bisa melihat mutasi di tabungan tersebut. Tidak demikian dengan Bitcoin atau mata uang kripto lainnya, setiap mutasi dan riwayat pembayaran bisa dilacak dengan mudah.

Jadi apabila kamu ingin melacak pembayaran crypto yang dibutuhkan adalah sebuah ID Transaksi yang telah kamu lakukan tersebut, nantinya secara otomatis transaksi bisa terlacak.

Share with your friends