Apa Itu Satoshi Dalam Bitcoin? - Receh Coin

Minggu, 02 Februari 2020

Apa Itu Satoshi Dalam Bitcoin?

Di sosial media terutama Twitter setiap hari selalu saja ada giveaway atau airdrop cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, sampai Binance Coin (BNB)  yang hadiahnya cukup melimpah mulai dari cuma 1000 satoshi sampai 20000 satoshi bahkan ada yang mencapai 1 BTC.

Mendapatkan hadiah sebesar 10000 satoshi memang terlihat sangat besar, maka tak mengherankan bila kemudian banyak sekali yang menjadi peserta giveaway tersebut. Bandingkan jika hadiahnya cuma 0.0001 Bitcoin? Apakah masih ada yang mau ikut? Ada, tapi tentu tidak sebanyak bila hadiahnya 10K satoshi!

Padahal bila mau menghitung dan tidak malas mencari,  sebenarnya 10K satoshi sama dengan 0.0001 Bitcoin (BTC), kaget kan? Kok bisa? Lalu kenapa orang lebih tertarik dengan sebutan 10000 satoshi daripada 0.0001 Bitcoin? Otak manusia ketika melihat ada banyak nol dibelakang akan menganggap angka tersebut sangat kecil!

1 satoshi berapa bitcoin


Sebenarnya perbedaan satoshi dan bitcoin itu apa sih? Singkat saja, satoshi itu adalah unit terkecil dari Bitcoin. Munculnya istilah satoshi adalah untuk mempermudah penyebutan jumlah transaksi bitcoin yang bernilai kecil. Coba mana yang lebih mudah dibaca 0.0000010 Bitcoin atau 100 satoshi?

Satu Bitcoin nilainya sama dengan 100 juta Satoshi, apabila saat ini dalam kurs rupiah 1 bitcoin harganya mencapai 100 juta lebih, maka 1 satoshi sama dengan 1 rupiah (bisa lebih atau kurang, tergantung harga Bitcoin saat ini)

Istilah satoshi dalam Bitcoin berasal dari nama Satoshi Nakamoto yang konon merupakan pencipta protokol yang saat ini digunakan dalam Blockchain dan Bitcoin. Jadi, kini kamu tidak akan lagi bertanya-tanya tentang perbandingan dan perbedaan satoshi dengan Bitcoin.

Selain Satoshi, di Bitcoin juga ada istilah lain yakni mBTC dan μBTC. Biar kamu tidak penasaran 1 Bitcoin itu sama dengan 1.000 millibitcoins (mBTC) atau 1.000.000 micro bitcoins (μBTC). Sampai sini paham kan?

Share with your friends