Apa Beda Coin dan Token - Receh Coin

Senin, 24 Februari 2020

Apa Beda Coin dan Token

Tahukah kamu apa bedanya BTC, BNB, ETH, LTC dan BAT, OKB, KCS, CRO? Semuanya memang diperjual belikan di berbagai macam exchange, namun apakah kamu tahu bahwa kelompok pertama yakni BTC, BNB, ETH dan LTC adalah digital Coin sedangkan yang lainnya termasuk digital Token.

Lho, kok ada Coin dan Token, emang apa bedanya sih? Ya jelas beda dong. Coin itu memiliki Blockchain sendiri alias independen tidak tergantung pada smart contract atau Blockchain coin lain.

Sebagai contoh Bitcoin (BTC) beroperasi dan berfungsi di blockchain Bitcoin,  Ether (ETH) beroperasi dan berfungsi pada blockchain Ethereum. Dari sini sudah jelas bahwa coin itu sifatnya mandiri, memiliki Blockchain tersendiri, tidak mengontrak di Blockchain lain.

beda coin dan token

Ketika kamu berusaha mengirimkan coin dari satu alamat ke alamat lain, maka untuk biaya miner selalu memotong dari jumlah coin yang dikirimkan, dan kamu tidak membutuhkan coin untuk biaya transaksi tersebut

Berbeda dengan token yang dibangun diatas Blockchain lain, seperti di Ethereum, NEO, EOS bahkan WAVES. Pernahkah kamu mendengar token ERC20? Yups, itu artinya token tersebut dibangun diatas Ethereum Blockchain, sehingga nantinya membutuhkan biaya kirim (gas) berupa ETH.

Cara singkat dan mudah membedakan token dan coin adalah saat kamu mencoba mengirimkan sejumlah crypto dari wallet, apabila biaya transaksi langsung memotong dari crypto tersebut maka bisa dipastikan bahwa itu ada Coin. Contoh saat kirim Bitcoin maka biaya transaksi (miner fee) berupa Bitcoin, begitu juga saat kamu mencoba kirim Eth, maka biaya transaksi tetap berupa eth.

Tapi, bila kamu mencoba sebuah crypto tapi ternyata biaya transaksinya berupa coin lain seperti ETH atau BNB, sudah bisa dipastikan bahwa crypto tersebut adalah token yang dibangun atau dibuat diatas Ethereum Blockchain (ERC20) dan BNB chain (BEP2). Mudah bukan?

Saat memiliki token, tentu saja kamu harus menyediakan coin lain untuk biaya transaksi kirim. Umumnya token dibuat di Ethereum Blockchain, karena itulah kamu harus selalu siap sedia ETH di Wallet kamu.

Mau pilih mana? Coin atau token? Kalau engga mau ribet saat kirim crypto, tentu saja coin lebih mudah dan tidak harus menyediakan crypto lain.

Share with your friends