Cara Membuat Bitcoin Address - Receh Coin

Kamis, 23 Januari 2020

Cara Membuat Bitcoin Address

Apakah kamu ingin memiliki aset digital dalam bentuk kripto terutama Bitcoin? Jika iya, seperti halnya kita akan menabung di bank maka hal pertama yang harus dilakukan adalah harus memiliki nomor rekening terlebih dahulu, begitu juga dengan Bitcoin, bila kita ingin investasi aset digital berupa BTC maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki sebuah Bitcoin Address yang akan digunakan untuk menyimpan semua aset tersebut. Pertanyaan sederhananya adalah bagaimana cara membuat Bitcoin Address secara gratis tanpa dikenakan biaya?

Berbeda saat kita akan membuat sebuah rekening di bank, dimana kita harus memenuhi berbagai syarat dan bahkan harus ada setoran awal, nah untuk memiliki sebuah alamat Bitcoin kita bisa bebas mendapatkannya tanpa dikenakan biaya sepeserpun alias 100% gratis. Saat ini banyak sekali website ataupun aplikasi wallet aset digital yang akan secara otomatis memberikan alamat bitcoin atau istilah kerennya generate bitcoin address dalam hitungan detik.

Cara Pertama, untuk pengguna smartphone Android maupun iOS kamu bisa langsung masuk ke Google Play Store dan App Store lalu unduh kemudian install aplikasi Wallet yang banyak bertebaran di sana, sebagai contoh Trust Wallet yang merupakan dompet aset digital multi coin, atau Samurai Wallet yang khusus untuk Bitcoin saja. Tentu saja pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Perlu diingat apabila kamu memakai aplikasi wallet untuk menyimpan Bitcoin kamu harus mencatat Seed atau Phrase yang biasanya terdiri dari 12 atau 24 word (kata). Simpan dan catat baik-baik Seed atau Phrase tersebut, karena cuma inilah kunci agar nantinya kamu bisa mengakses alamat Bitcoin tersebut di smartphone atau device lain seperti laptop.

cara membuat bitcoin address


Setelah berhasil melakukan generate Bitcoin Address, kamu bisa langsung menyimpan semua aset berupa BTC di alamat tersebut, entah dengan cara membeli dari teman ataupun cara lain nya. Masuk ke aset BTC lalu lihat alamatnya di bagian terima atau receive. Untuk mempermudah, biasanya sudah ada barcode berupa alamat bitcoin Address agar kamu tidak lagi harus secara manual menulis alamat tersebut yang besar kemungkinan akan salah.

Selain cara pertama untuk memperoleh Bitcoin Address, kamu juga bisa mendapatkan alamat Bitcoin dengan cara daftar di aplikasi khusus untuk jual beli aset digital seperti Luno, Kucoin, Binance dan Indodax. Saat menggunakan aplikasi khusus jual beli aset digital ini, kamu tidak akan mendapatkan Seed atau Phrase tapi wajib login menggunakan email dan kata sandi. Cara kedua ini, tentu sangat cocok untuk kamu yang malas atau tidak ingin repot harus mengingat Seed atau Phrase tapi cukup mengingat akun saja berupa email dan kata sandi.

Melihat alamat Bitcoin di Indodax
Sebagai contoh apabila kamu lebih memilih pakai aplikasi Indodax untuk membuat bitcoin Address, maka setelah daftar kamu bisa langsung melihat alamat Bitcoin di Indodax dengan cara masuk ke menu Asset lalu pilih BTC, disini kamu bisa langsung melihat dan cek alamat bitcoin berupa berapa jumlah BTC yang kamu miliki.

melihat alamat bitcoin di indodax


Perlu diingat apabila kamu memilih cara kedua yakni menggunakan aplikasi jual beli untuk membuat alamat Bitcoin maka kamu tidak memiliki kontrol penuh atas aset digital tersebut. Lho kok, maksudnya apa? Maksudnya adalah kamu tidak bebas mengakses aset BTC tersebut di aplikasi lain, tapi harus selalu menggunakan aplikasi tersebut.

Berbeda bila kamu membuat Bitcoin Address dari aplikasi wallet khusus Bitcoin, kita akan diberi Seed, Phrase atau Key yang bisa dipakai untuk mengakses aset BTC tersebut di aplikasi atau wallet lain. Ingat kata pepatah not your keys not your bitcoin itu artinya tanpa private key, Mnemonic word, Seed atau Phrase kamu tidak memiliki kontrol penuh atas aset tersebut. Jadi, sebaiknya gunakan aplikasi wallet khusus seperti Bitcoin Wallet, Trust Wallet untuk membuat Bitcoin Address dibandingkan membuatnya di aplikasi jual beli aset digital.

Share with your friends