Cara Cairkan Bitcoin Ke Rupiah - Receh Coin

Kamis, 23 Januari 2020

Cara Cairkan Bitcoin Ke Rupiah

Sebuah pertanyaan sederhana namun ternyata membutuhkan jawaban yang cukup jelas karena menyangkut masalah uang kripto yakni bagaimana cara mencairkan bitcoin ke rupiah lewat bank lokal? Memiliki aset digital dalam bentuk mata uang kripto dalam hal ini Bitcoin tentunya sebuah kebanggaan tersendiri, disaat orang lain yang seangkatan dengan kamu asik bermain medsos seperti Instagram atau hobi menggerakan jari di Tiktok, sedangkan kamu malah mulai asik mengumpulkan satoshi demi satoshi sehingga akhirnya memiliki Bitcoin yang cukup untuk membeli sebuah mobil-mobilan, hehe.

Back to the laptop alias kembali ke pertanyaan, kita lupakan dulu masalah mobil-mobilan karena mulai sekarang harus fokus untuk membeli mobil beneran meskipun second dari hasil mencairkan Bitcoin ke rekening bank lokal. Apakah sulit untuk proses mencairkan mata uang kripto ini ke rupiah? jawabannya tidak terlalu sulit untuk kamu yang sudah memiliki KTP, SIM atau Paspor. Lho kok, harus pake KTP atau Paspor segala? Ya, iyalah kalau sudah berhubungan dengan bank, itu artinya kamu wajib punya kartu identitas diri baik itu berupa KTP, Paspor atau SIM agar bisa membuat buku tabungan di BCA, BRI, Mandiri ataupun bank lainnya.

Syarat wajib pertama untuk bisa mencairkan Bitcoin ke rupiah atau bank lokal adalah punya KTP dan juga buku tabungan di bank tertentu. Nantinya, hasil pencairan atau penjualan dari Bitcoin akan di transfer, Withdraw atau bahasa kerennya WD ke nomor rekening, setelah itu baru deh kamu bisa ambil uang tunai lewat ATM atau tarik tunai di Indomaret dan Alfamart sesuai dengan kebutuhan aja.

Kedua, cairkan bitcoin ke rupiah hanya bisa dilakukan lewat layanan atau aplikasi pihak ketiga, contohnya Indodax dan Luno atau layanan serupa yang tentunya menyediakan fasilitas tarik saldo atau Withdraw ke rekening bank lokal. Jadi, silahkan terlebih dahulu kamu daftar di Luno (gunakan kode:2YCGV agar dapat bonus 25K rupiah) atau Indodax tersebut.

Setelah berhasil daftar dan jadi anggota di aplikasi atau layanan tersebut, apakah secara otomatis kita bisa langsung mencairkan bitcoin ke rupiah? Tunggu dulu, tidak semudah itu bro! sama seperti aplikasi lainnya kalau sudah berhubungan dengan uang, tentunya harus mengikuti aturan main yang berlaku yakni proses KYC (Know Your Customer) atau dalam bahasa Indonesia adalah verifikasi data diri sesuai dengan KTP. Sekali lagi kita tegaskan disini, data diri seperti KTP, Paspor atau SIM adalah hal wajib yang harus kamu miliki untuk bisa mencairkan Bitcoin ke rupiah.

Bagaimana proses KYC tersebut? jangan khawatir cukup mudah kok yakni kamu cukup foto KTP atau Paspor, kemudian selfie / swafoto sambil memegang kartu identitas tersebut, selanjutnya tunggu beberapa jam sampai proses KYC atau verifikasi tersebut berhasil dan fitur Withdraw atau WD ke bank lokal di Indonesia tersedia untuk akun kamu.

Ketiga, saat kamu sudah berhasil daftar dan menjadi anggota di Indodax, Luno ataupun layanan serupa, langkah berikutnya adalah silahkan kirimkan Bitcoin yang kamu miliki tersebut ke wallet BTC di aplikasi tersebut. Pastikan kamu memasukan alamat BTC yang benar agar nantinya Bitcoin tersebut benar-benar masuk ke akun kamu, tidak nyasar ke alamat lain.

Keempat, setelah mata uang kripto berupa Bitcoin tersebut berada di akun Indodax atau Luno, lakukan proses jual (sell) bitcoin ke rupiah (BTC/IDR) sehingga nantinya saldo di akun kamu akan berubah dari BTC ke Rupiah. Kenapa BTC kamu harus dijual dulu? Ya, iyalah kan nantinya akan ditransfer dalam bentuk rupiah ke rekening bank, wkwk.

Sebagai contoh, bila kamu menggunakan aplikasi Indodax silahkan masuk ke menu Keuangan lalu Deposit IDR. Lho kok deposit? bukannya kita mau mencairkan? ikuti saja, nanti juga ada kok menu untuk WD atau penarik rupiah ke rekening bank.

cara bitcoin ke rupiah


Agar kita bisa mencairkan BTC ke rupiah lewat Bank Lokal tentu saja pilih menu Penarikan. Disini kamu wajib isi jumlah rupiah yang akan ditarik, dan Nomor Rekening Bank. Ingat, nama di buku tabungan harus sama dengan nama di akun Indodax tersebut, jangan berbeda agar proses Withdraw berjalan lancar tanpa kendala.

cara cairkan bitcoin ke bank lokal


Berapa lama proses untuk cairkan bitcoin ke bank lokal ini? Prosesnya tidak lama kok, dalam hitungan jam, 1-3 jam biasanya dana sudah masuk ke buku tabungan kamu yang terpenting pastikan proses WD dilakukan pada saat jam kerja aja. Lalu apakah ada biaya untuk proses penarikan ini? tentu saja, hari gini tidak ada yang gratis, proses WD biasanya dikenakan biaya antar 25 ribu sampai 50 ribu tergantung kebijakan dari masing-masing aplikasi atau layanan tersebut.

Sampai sini paham kan bagaimana cara cairkan Bitcoin alias BTC ke Bank Lokal seperti BCA, Mandiri, BNI atau BRI?

Share with your friends