Bitcoin Bahaya atau Tidak? - Receh Coin

Minggu, 26 Januari 2020

Bitcoin Bahaya atau Tidak?

Ragu dan takut rugi adalah dua hal yang umum bagi mereka yang ingin mulai menggunakan Bitcoin. Lihat berita harga Bitcoin anjlok sampai puluhan juta, semakin membuatnya ketakutan belum lagi mendengar cerita dan pengalaman teman yang harus kehilangan rupiah ratusan juta rupiah karena kesalahan kecil saja yakni lupa private key, mnemonic word atau passphrase wallet Bitcoin sehingga akhirnya tidak diakses.

Apalagi di media sosial banyak juga orang yang tak bertanggung yang menyebarkan FOMO dan FUD tentang Bitcoin. Mereka bilang Bitcoin dilarang di Indonesia, Bitcoin itu tidak berharga dan tidak bisa diuangkan, sampai mengatakan bahwa Bitcoin itu bahaya, jangan investasi dan main Bitcoin nanti bisa rugi dan bangkrut. Hal-hal semacam itu memang sudah umum dan sering kita baca dan lihat di sosial media atau blog, yang konon semua FUD dan FOMO itu berdasarkan kisah nyata dan benar-benar terjadi.

Lalu pertanyaan yang muncul adalah apakah Bitcoin itu bahaya atau tidak? Saya balik tanya, apakah pisau itu bahaya atau tidak? Jawabannya pasti sangat bahaya bila pisau tersebut dimainkan oleh anak kecil yang belum tahu fungsi pisau sebenarnya, tindakan anak kecil tersebut bisa merugikan orang lain. Namun, hal berbeda bila pisau digunakan oleh ahli masak, justru sebaliknya dengan pisau mereka bisa membuat masakan yang super nikmat delicious dan bahkan mampu menghasilkan ratusan juta rupiah karena keterampilan menggunakan pisau tersebut.

apakah bitcoin bahaya atau tidak

Tak jauh berbeda seperti pisau, Bitcoin juga memiliki prinsip yang hampir sama yakni bisa sangat berbahaya bila dimainkan oleh mereka yang belum mengerti sama sekali tentang Bitcoin, tidak paham bagaimana melakukan trading, tidak tahu cara paling aman untuk menyimpan kerahasiaan Seed, Mnemonic word, passphrase atau private key! Namun bagi yang sudah paham tentang Bitcoin dan seluk beluknya, justru Bitcoin mampu memberikan keuntungan yang besar, berlipat ganda dan merupakan aset investasi masa depan yang sangat cerah.

Dari sini bisa sedikit kita ambil kesimpulan bahwa sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia kripto terutama Bitcoin yang harus kamu lakukan adalah belajar dan paham tentang Bitcoin meskipun hanya sekedar dasarnya saja. Jangan sampai belum tahu apa-apa dan tidak mengerti bagaimana trading, tidak tahu pentingnya mnemonic, private key, seed, atau passphrase bitcoin kamu langsung terjun main dan investasi bitcoin, yang terjadi nantinya adalah seperti anak kecil bermain pisau, berbahaya dan cenderung merugikan!

Memahami tentang Bitcoin dan cara trading bisa dilakukan secara bertahap, jangan khawatir di internet banyak sekali sumber dan rujukan tentang Bitcoin termasuk tentunya Blog RecehCoin.ID ini yang menyajikan artikel receh tapi mudah dipahami dan dimengerti, mereka yang sebelumnya tidak sedikitpun tentang Bitcoin, bisa lebih mengerti karena disini semua pembahasannya menggunakan kata dan kalimat umum yang sangat mudah dimengerti.

Saya tidak mau belajar dan ingin langsung terjun ke dunia kripto dan investasi Bitcoin. Ya, silahkan itu hak Anda, uang Anda, selama berhati-hati dan teliti tidak ada yang melarang untuk terjun ke dunia bitcoin meskipun tanpa belajar terlebih dahulu, kita tetap bisa kok belajar sambil terjun langsung. Namun demikian, apabila nantinya kamu mengalami hal yang diluar dugaan misalkan rugi sampai ratusan juta, jangan pernah mengatakan bahwa Bitcoin itu Bahaya!

Share with your friends