Apakah Koin Shopee dan Poin Ovo itu Termasuk Bitcoin? - Receh Coin

Rabu, 29 Januari 2020

Apakah Koin Shopee dan Poin Ovo itu Termasuk Bitcoin?

Untuk kamu yang sering berbelanja online di marketplace seperti Shopee pasti sudah cukup sering mendapatkan cashback dalam bentuk koin Shopee dimana nantinya koin ini bisa digunakan kembali untuk berbelanja atau mengurangi nilai belanja berikutnya.

Tak jauh berbeda seperti di Shopee, pengguna setia Grab dan uang digital Ovo juga akan mendapatkan bonus berupa Poin Ovo ketika melakukan sebuah transaksi terutama bila sedang ada promo cashback.

Baik Koin Shopee dan Poin Ovo apakah termasuk Bitcoin? Jawabannya cukup tegas sekali yakni bukan. Bitcoin adalah mata uang kripto yang berjalan di teknologi Blockchain, sedangkan poin Ovo dan Koin Shopee hanyalah sekedar program bonus dari perusahaan tersebut.

koin shopee dan poin ovo bukan bitcoin


Dulu program cashback dari sebuah merchant atau marketplace diberikan dalam bentuk rupiah sehingga bisa dicairkan atau ditransfer ke rekening bank, namun saat ini perusahaan mempunyai strategi baru yakni diberikan dalam bentuk poin dan koin, tujuannya tentu saja agar cashback yang diterima tidak bisa dicairkan dan harus dipakai transaksi kembali di marketplace tersebut.

Bitcoin sangatlah berbeda dengan Koin Shopee atau Poin Ovo, dimana Bitcoin bisa dikirim ke siapa saja tanpa dibatasi oleh negara maupun faktor lainnya. Bitcoin sifatnya desentralisasi artinya tidak ada perusahaan atau lembaga bahkan negara yang mengaturnya, semua berjalan di teknologi Blockchain. Kamu bebas menggunakan Bitcoin untuk tujuan apapun, tanpa perlu takut Bitcoin Address milik kamu di blacklist.

Berbeda dengan Koin atau Poin reward dari merchant atau marketplace, penggunaannya harus tunduk dan patuh dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila kamu menyalahgunakannya maka akun kamu bisa dinonaktifkan, itu artinya seluruh poin dan koin yang pernah kamu dapatkan akan hilang.

Share with your friends