Apakah Bitcoin Aman atau Berisiko - Receh Coin

Kamis, 23 Januari 2020

Apakah Bitcoin Aman atau Berisiko

Sudah lama kamu ingin memiliki aset digital berupa Bitcoin, namun banyak teman kamu yang melarang dan malah terkesan menakuti bahwa Bitcoin itu kurang aman, mudah dicuri oleh orang lain, sering di hack dan berbagai alasan lainnya yang tentu saja membuat kamu semakin ragu untuk mulai investasi berupa BTC. Jadi sebenarnya apakah Bitcoin itu aman atau berisiko sih?

Saya tanya apakah uang tunai itu aman atau tidak? Jawabannya pasti aman asal kita menyimpannya di tempat yang benar-benar terjaga, kalau kita sembarangan naruh uang tentu saja siapa saja bisa mencuri dan mengambil uang tersebut, bukan? Jadi kunci amat atau tidaknya adalah cara kita menyimpan uang tersebut. Satu lagi, tabungan di bank itu apakah aman atau tidak? Jawabannya, pasti aman selama kamu tidak menyimpan kartu ATM di sembarang tempat, dan juga menjaga kerahasiaan PIN ATM, data internet dan phone banking, lalu menjaga dengan baik akun mobile banking.

bitcoin apakah aman


Dari sedikit ilustrasi diatas kita bisa sedikit paham bahwa aman atau tidaknya uang dan tabungan adalah tergantung pada tindakan kita dalam menjaga semua aset tersebut. Nah, hal yang sama berlaku juga untuk aset digital seperti Bitcoin atau kripto lainnya, selama kita bisa menjaga kerahasiaan PassPhrase, Seed, Private Key, Mnemonic maka aset Bitcoin juga akan aman dan sangat sulit untuk dibobol atau dicuri oleh orang lain.

Saat kamu pertama kali membuat Bitcoin Address sangat disarankan menggunakan aplikasi khusus wallet Bitcoin jangan menggunakan layanan atau aplikasi jual beli coin. Kenapa? karena kalau kita menyimpan Bitcoin di exchange atau toko jual beli aset digital, kita tidak akan pernah mendapatkan PassPhrase, Seed, Private Key atau Mnemonic Word yang artinya kita tidak mendapatkan kontrol penuh atas alamat Bitcoin tersebut, sekali lagi ingat not your keys not your bitcoin!

Agar aman menyimpan Bitcoin sangat disarankan pakai aplikasi khusus seperti Bitcoin Wallet, Samourai Wallet bisa juga multi coin wallet kayak Trust Wallet dan Atomic Wallet. Saat pertama kali membuat Bitcoin Address di aplikasi tersebut kamu akan mendapatkan PassPhrase, Seed, Private Key atau Mnemonic Word seperti tampak pada gambar di bawah ini. Pastikan: Catat dan Simpan baik-baik semua susunan kata-kata tersebut di tempat aman, jangan di foto, screenshot atau ditulis di notes yang mudah ditemukan atau dibaca orang lain.

Kenapa kita harus menjaga Seed atau Mnemonic Word (PassPhrase) tersebut dengan baik dan rahasia, karena siapapun yang tahu atau mengetahui seed tersebut akan memiliki kontrol penuh terhadap semua aset Bitcoin di alamat tersebut. Untuk bisa mengakses sebuah alamat Bitcoin kamu cukup memasukan Seed tersebut dengan benar dan dalam hitungan detik, kita bisa mengakses secara penuh terhadap Bitcoin tersebut. Jadi sekali lagi jaga baik-baik Seed, PassPhrase atau Mnemonic Word tersebut karena cuma inilah satu-satunya cara agar kamu bisa mengontrol Bitcoin tersebut.

Bagaimana jika kamu lupa dengan Seed, Private Key, Mnemonic atau PassPhrase tersebut? Jawabannya cuma satu yakni: say goodbye alias selamat tinggal terhadap semua aset yang ada di alamat Bitcoin tersebut karena tidak ada istilah reset lupa seed atau mnemonic, sekali kita lupa selamanya aset tersebut hilang tanpa jejak. Jadi selama kita bisa menjaga Seed, Private Key, PassPhrase atau Mnemonic, Bitcoin sangat aman dan terjamin, tak mudah di hack, dicuri ataupun diakses oleh orang lain.

Agar lebih aman menyimpan aset di Bitcoin kamu bisa menggunakan cold atau hardware wallet seperti Ledger Nano S, Trezor dan KeepKey. Bentuk seperti sebuah flashdisk bedanya di hardware kamu bisa menyimpan berbagai macam aset digital tidak hanya BTC.

Share with your friends