Apa itu BTC Wallet Address - Receh Coin

Kamis, 30 Januari 2020

Apa itu BTC Wallet Address

Apakah kamu mengikuti sebuah event Airdrop atau Giveaway yang hadiahnya dalam bentuk Bitcoin? Jika iya sudah pasti saat daftar atau registrasi, kita akan diminta untuk memasukan BTC Wallet Address dengan tujuan apabila kita termasuk ke dalam salah satu pemenang, maka hadiah yang berupa Bitcoin tersebut akan dikirimkan ke wallet address yang sebelumnya sudah kita input. Lalu sebenarnya apa sih BTC Wallet Address dan dimana kita bisa mendapatkan?

BTC Wallet Address bisa diibaratkan sebagai nomor rekening di sebuah bank, orang lain baru bisa kirim uang lewat bank apabila kita sudah memiliki sebuah nomor rekening. Bila tidak memiliki nomor rekening tentu saja teman, kerabat akan kesulitan untuk melakukan transfer sejumlah uang kepada kita. Nah, pada prinsipnya BTC Wallet Address tidaklah jauh berbeda seperti nomor rekening namun bedanya bila nomor rekening bisa menerima transfer dari berbagai macam bank, nah untuk BTC wallet Address hanya berlalu untuk bitcoin saja, tidak bisa dari token atau koin lainnya.

Saat kita membuat alamat Bitcoin atau BTC Wallet Address maka otomatis alamat tersebut dapat dipakai untuk menerima atau kirim bitcoin dari siapapun juga baik dari perorangan, lembaga atau bitcoin exchange. Ingat ya, alamat Bitcoin tersebut hanya bisa dipakai untuk BTC saja, tidak untuk cryptocurrency lainnya. Kamu tidak bisa menerima Ethereum (eth) atau Litecoin (LTC) memakai alamat Bitcoin tersebut. Kamu wajib membuat ETH Wallet Address untuk menerima dan kirim ETH, begitu juga saat akan send atau receive Litecoin, harus pakai alamat khusus wallet Litecoin.

Apa itu BTC Wallet Address


Berbeda dengan nomor rekening bank, yang bisa mudah diingat karena memakai kombinasi angka saja, BTC wallet address akan sangat sulit untuk diingat karena memakai kombinasi angka dan huruf, karena itulah sangat disarankan untuk melakukan proses copy paste apabila kamu ingin kirim atau menerima Bitcoin untuk menghindari kesalahan input yang akan berakibat fatal. Bisa juga menggunakan cara yang lebih praktis yakni memakai barcode. Jangan khawatir setiap aplikasi wallet saat ini sudah dilengkapi dengan fitur barcode secara default. Silahkan kirimkan barcode bitcoin tersebut ke teman kamu yang akan mengirimkan bitcoin, nantinya dia cukup scan barcode tanpa perlu lagi proses menulis manual, copy dan bahkan paste.

Apa yang akan terjadi bila kita salah input alamat bitcoin saat mencoba mengirimkan sejumlah satoshi ke temen kita? Bila alamat yang di input valid atau sah, tentu saja nantinya akan terkirim ke orang lain, entah siapa. Kita tidak bisa komplain, atau membatalkan transaksi. Kita tidak akan bisa mengetahui siapa pemilik alamat bitcoin tersebut, karena sesuai dengan prinsip dasar bitcoin yakni anonymous!

Share with your friends